Perhiasan dan Logam Mulia Dominasi Transaksi di Pegadaian

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kebutuhan dana tunai masyarakat menjelang Lebaran selalu meningkat. Transaksi di Pegadaian pada awal bulan puasa didominasi oleh gadai perhiasan, logam mulia (emas batangan) dan berlian.

"Hampir 97 persen didominasi oleh gadai perhiasan, sisanya tiga persen adalah kendaraan bermotor dan barang elektronik," kata Ramses Gurning Manajer Humas Pegadaian Kanwil VIII Jakarta, (07/08/2012).



Menurut Ramses, Kanwil VIII Jakarta yang membawahi beberapa Kantor Cabang Pegadaian di Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Bogor, Depok dan Bekasi, semuanya didominasi oleh gadai perhiasan dan logam mulia.

"Transaksi gadai yang didominasi oleh perhiasan ini lantaran, prosesnya yang mudah dan cepat, orang tinggal datang membawa perhiasan yang akan digadai, lalu kami taksir berapa harganya dan berapa nominal yang akan dipinjam oleh orang tersebut," tutur Ramses.

Ramses mengatakan, cukup dengan waktu 15 menit saja, untuk langsung mendapatkan uang tunai dengan menggadaikan perhiasannya.

"Untuk gadai kendaraan memang cukup lama prosesnya, jika hanya menggadaikan BPKBnya saja, kita perlu analisis bentuk usahanya seperti apa, kemampuan mengangsurnya dan lain-lain, mirip seperti bank lah,"imbuhnya.

Ramses menambahkan, kecuali bila gadai kendaraan bermotor itu disertakan dengan fisik kendaraan tersebut, maka prosesnya akan cepat.

Lebih lanjut Ramses mengatakan, sebenarnya untuk pemberian Kredit Usaha Mikro dan Kecil (KUMK), kredit yang diberikan dengan jaminan bukan berupa barang.

Hal tersebut bertujuannya agar barang yang digadaikan tetap bisa dimanfaatkan oleh pemiliknya.
"Bagi pedagang yang memiliki sepeda motor bisa menggunakan BPKB. Sementara sepeda motor milik yang bersangkutan bisa dipergunakan si pemilik untuk menjalankan usaha,"tuturnya.

Sumber : tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Emas Logam Mulia |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.