Jelang Imlek, impor emas China dari Hong Kong capai rekor

Impor emas China dari Hong Kong menanjak sampai ke rekor tertingginya. Masyarakat China memborong emas untuk menyambut Tahun Baru China pada 23 Januari ini.

Menurut Departemen Sensus dan Statistik Hong Kong, masyarakat China daratan membeli 102.779 kg emas dari Hong Kong di bulan November 2011. Jumlah tersebut naik dari 86.299 kg di Oktober 2011.

Permintaan emas makin besar di China sebab investor China hendak melindungi kekayaannya terhadap harga properti dan pasar saham yang merosot. Investasi emas juga akan melindung harta mereka dari inflasi yang kini di atas 4%.



Menurut World Gold Council, China telah mengambil alih posisi India sebagai pasar perhiasan emas terbesar dunia di kuartal III 2011 lalu. Negeri panda itu juga menjadi produsen emas terbesar. Hari ini, harga emas menanjak 0,9% menjadi 1.647,45 per troy ons, yang tertinggi sejak 13 Desember.

"Minat China pada emas sangat kuat dan terus tumbuh. Beberapa bulan sebelum Tahun Baru China biasanya adalah puncak permintaan emas masyarakat China," kata Tao Jinfeng, Chief Investment Consultant di Haitong Futures Co., broker bermodal terbesar di China.

Mereka mengimpor emas dari Hong Kong karena biasanya harga emas di sana dijual lebih murah ketimbang di China pada bulan November. Emas berkadar 99,99% untuk pengiriman segera di Shanghai Gold Exchange rata-rata seharga 356,05 yuan per gram di November. Sedangkan harga barang yang sama di Chinese Gold & Silver Exchange Society di Hong Kong sekitar HK$ 434,68 atau 353 yuan per gram.

"Namun selalu ada kemungkinan sejumlah pembelian dilakukan oleh bank sentral China," kata Tao.

Cadangan Emas

Hingga saat ini, belum ada data baru berapa besar sebenarnya cadangan emas yang dimiliki bank sentral China, People Bank of China (PBOC). PBOC terakhir kali mengungkapkan cadangan emasnya pada 30 Juni 2009, yaitu sebanyak 33,89 juta ons atau 1.054 ton emas.

Namun menurut World Gold Council, kepemilikan emas China merupakan yang terbesar kelima di antara negara-negara di dunia. Data IMF menunjukkan bahwa bank sentral dan lembaga pemerintahan China telah memborong 142 ton emas di tahun 2010.

Sumber : internasional.kontan.co.id

Jika anda ingin berbagi, silahkan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link di bawah ini! Terimakasih.
Bookmark and Share

Baca juga artikel terkait di bawah ini :
1. Grafik konsumsi emas dunia
2. Wikileaks, China hendak hancurkan dollar Amerika
3. Eropa panik pemilikan emas dan perak dibatasi

1 komentar:

Jayavo mengatakan...

Emas naik terus!

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Emas Logam Mulia |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.