Berbelanja dengan dinar dirham ke pasar Ukazh aja

Anda belum punya agenda pada long week-end pekan ini (2—4 April 2010)? Datang saja ke Pasar Ukazh di Pesantren Al-Fatah, Cileungsi, Bogor. Kita bisa berbelanja berbagai produk UKM dalam negeri dengan menggunakan mata uang dinar dan dirham. Bagi yang senang bergaul, wah, pas sekali kalau datang ke event ini, karena rencananya akan hadir 10 ribu pengunjung dari berbagai provinsi dan utusan dagang dari Malaysia.

Pesantren Al-Fatah menyelenggarakan pameran produk unggulan di Pasar Ukazh Dinar Dirham di komplek Pesantren Al-Fatah, Cileungsi, Bogor pada tanggal 2—4 April 2010. Tujuan dari Pasar Ukazh adalah untuk meningkatkan promosi pemasaran produk-produk unggulan umat dari berbagai provinsi ke tingkat pasar nasional maupun internasional. Selain itu, event ini juga sebagai wadah untuk mengembangkan jaringan, kerja sama produksi, dan pemasaran.

“Yang membedakan Pasar Ukazh dengan pasar yang lain adalah semua produk diberikan pricing dengan dinar atau dirham,” ujar Yakub Firdaus, Ketua Pasar Ukazh yang juga pengusaha mebel dari Jawa Tengah ini.

Produk-produk unggulan yang dipamerkan meliputi bahan garmen, busana muslim, Al-quran, buku dan majalah Islam, makanan, elektronik, jamu herbal, handicraft, sepatu, tas, hasil pertanian, hingga bimbel dan koin emas dinar dan dirham.

Selain menggelar Pasar Ukazh, Jamaah Muslimin (Hizbullah), panitia penyelenggara kegiatan ini, juga mengadakan seminar internasional ekonomi syariah dan tabligh akbar pada Sabtu-Ahad (3-4 April 2010). Seminar bertema “Kebangkitan Ekonomi Syariah di Tengah Krisis Ekonomi Global” ini akan menghadirkan para ahli dan praktisi ekonomi syariah sebagai narasumber, antara lain: Syafi'i Antonio dan Muhaimin Iqbal. Seminar akan dilaksanakan di Auditorium Adhyana Wisma ANTARA Lt. 2 pada pukul 8.30—15.30 WIB. Sementara Tabligh Akbar yang rencananya akan dihadiri oleh 10 ribu jamaah dari seluruh pelosok tanah air akan digelar pada Ahad (4/4/2010) pada pukul 8.00—12.00 WIB di Ponpes Al-Fatah, Pesantren Pasirangin, Cileungsi, Bogor. Tema yang diusung pada tabligh akbar itu adalah “Membangun Ekonomi Umat dengan Menerapkan Dinar Dirham Menuju Pembebasan Al-Aqsha dalam Khilafah 'ala Minhajin Nubuwwah”.

Muhaimin Iqbal, pemilik geraidinar.com yang hadir pada Konferensi Pers Pasar Ukazh di Gedung Prasada, Jakpus, Rabu (31/3) menuturkan, dinar sangat penting untuk dimiliki umat saat ini. “Sekarang ada gerakan di negara Eropa dan Amerika untuk kembali ke mata uang berbentuk koin, sementara Indonesia, malah memberlakukan peraturan yang memberatkan terhadap mata uang koin (PpnBM untuk dinar—red). Jadi, ada semacam skenario untuk menjauhkan mata uang koin (dinar-red) dari umat Islam,” ujar Iqbal sambil mengemukakan bahwa ternyata perjanjian tersebut tercantum dalam Article of Agreement antara Indonesia dengan IMF. Tak heran, akibat perjanjian itu, emas yang dimiliki Bank Indonesia menyusut pada tahun 2006 dan tak banyak orang yang mengetahuinya.

Namun, untungnya, Alquran dan Hadits tidak mengharuskan dinar itu berbentuk koin. “Yang disebut dinar itu adalah emas seberat 4,25 gram,” lanjut Iqbal.

Nah, penasaran bagaimana bertransaksi dengan dinar dirham? Yuk, kunjungi Pasar Ukazh di Komplek Ponpes Al-Fatah, Cileungsi, Bogor. Untuk informasi lebih lengkap, hubungi 021 824 98 933.

Sumber : www.eramuslim.com

Apa Kata Artis dan Presenter?

Ronny Waluya - Artis & Presenter
Seperti yang sering ia (Rully) sampaikan dalam Seminarnya, Emas bukan
sekedar sarana Investasi biasa. Dan berkebun Emas, sebuah ide ber-investasi yang kreatif, luar biasa, namun dilakukan dengan cara yang sangat tidak biasa. Berkebun Singkong, Jagung, Apel, Jeruk, ah itu sih biasa... yang ini Berkebun Emas...

Tidak ada kata lain, selain LAYAK UNTUK DICOBA...


Fakta Menarik Tentang Emas

Emas memiliki sejarah yang panjang dan menarik, dan memiliki begitu banyak sifat-sifat unik, bahwa tidak mengherankan ada beberapa fakta yang mengejutkan tentang hal itu:

Roger Federer Merayakan Kemanangan dengan emas

Emas ditampilkan dalam bentuk piala sebagai perayaan kemenangan olah raga pada Juli 2009. Roger Federer memenangkan turnamen tenis Grand Slam di Wimbledon yang ke-15 kalinya. Serangkaian pakaian, yang semuanya lengkap dengan aksesoris emas, telah disiapkan sebelum turnamen berlangsung. Jaket khusus dihiasi emas disiapkan dengan harapan akan menang. Nampak Federer mengangkat piala untuk merayakan kemenangannya, nomor 15 emas terukir di sisi kiri jaket.

Eagle The Double tahun 1933 koin emas paling mahal di dunia

Eagle The Double adalah salah satu benda di dunia yang paling langka dan paling dicari kolektor koin, Double Eagle tahun 1933 yang dijual di rumah lelang Sotheby di New York pada 2002, tercatat $ 7.59 juta. Koin tersebut pernah hilang, jatuh ke tangan seorang raja Mesir dan kemudian ditemukan oleh agen yang menyamar layanan rahasia di New York.



Gold Recycling Mesir (Daur Ulang Emas Mesir)

Sejak pertama kali ditemukan, emas selalu didaur ulang karena memiliki nilai tinggi. Oleh karena itu, perhiasan emas, mahkota emas dan gigi emas bisa mengandung emas yang ditambang di zaman prasejarah, dan bahkan mungkin menjadi bagian dari beberapa barang berharga milik bangsawan kuno! Hari ini, setidaknya 15% dari konsumsi emas telah didaur ulang setiap tahun.


GoldSpread

Karena emas begitu lentur sehingga dapat ditempa hingga memiliki ketebalan 1112ยต (.0001112 mm) lebih tipis dari daun. Sehingga satu ons emas atau setara dengan emas 31,1 gram, akan mencakup sekitar 16 meter persegi! Jika lembaran itu dihamparkan di lantai memiliki ukuran sekitar 4 x 4 meter. Bisa dibayangkan?



GildingWood (penyepuhan kayu)

Lambat dan hati-hati, proses penyepuhan memerlukan kayu tidak kurang dari 22 operasi - semua manual! Lembaran setebal 1/110, 000 milimeter, diletakkan di sebuah 'bantalan sepuhan' yang terbuat dari kulit anak sapi) sebelum dipotong untuk ukuran yang dikehendaki. Si tukang menyepuh emas, menggunakan sikat sutra dengan listrik statis, lembaran emas seperti daun itu diambil dan meletakkan dengan hati-hati pada ukiran kayu.

Caratage, Carats dan carobs

Kata 'karat' (pengukuran kemurnian emas) berasal dari 'carob'; carob yang berarti benih/biji pada awalnya digunakan untuk menyeimbangkan timbangan di pasar-pasar Oriental. Emas murni 24 karat, adalah untuk mengartikan bahwa emas tersebut murni (100%), asli tanpa campuran sebanding dengan keindahan emas tersebut.



Beberapa orang berusaha keras untuk menggunakan emas sebanyak mungkin.
Berikut adalah beberapa contoh yang lebih ekstrem ...

CakesGold (kue daun emas)

The 'Palets d'Or de Moulins et des opera' yang dibuat oleh Lenotre, juru masak terkenal kue-kue Perancis. Daun emas diletakkan pada cokelat sementara kue masih belum cukup padat.




Mobil Emas Elvis

Model spesifik adalah Stutz, diproduksi antara tahun (1876-1930). Dalam mobil, semua yang biasanya di krom - seperti kemudi, pedal sekitarnya, asbak dan pemantik rokok - diganti dengan emas.






BasinGold (Wastafel Emas)

Ini wastafel dan keran emas yang dijual untuk harga yang tidak diketahui di New York toko yang khusus menjual produk untuk kamar mandi mewah.






Teko Kopi Emas

Panci memiliki penyaring emas permanen yang melindungi rasa kopi. Terdiri dari tutup jala yang sangat ramping dengan selapis emas 23-karat.






Shower curtainGold (Emas tirai kamar mandi)

Dennis Kozlowski, dipermalukan mantan CEO Tyco International, dikatakan telah menikmati mandi benang emas tirai seharga $ 6.000!

Tips Merawat Aksesoris dan Perhiasan

Bagi sebagian besar perempuan, perhiasan dan Aksesoris sangat erat kaitannya dengan busana karena dengan aplikasi yang tepat, akan mampu mendongkrak penampilan seorang.

Cincin, anting, giwang, kalung, gelang, sabuk tas, hingga dompet adalah beberapa jenis perhiasan dan Aksesoris Wanita yang kerap menghiasi tubuh dalam keseharian.

Berikut ini ada beberapa tip yang bisa Anda lakukan untuk merawat Aksesoris Wanita agar tetap berkilau, antara lain:

1. Sebaiknya hindari perhiasan dari benturan keras, gesekan, kontak dengan bahan kimia, serta suhu panas dan dingin yang berlebihan, karena hal tersebut konon dapat merusak kondisi fisik perhiasan. Lihat Toko Aksesoris dan Aksesoris Online

2. Simpanlah perhiasan (Aksesoris Wanita Online) di tempat khusus yang beralaskan bahan lembut seperti bludru dan pisahkan satu perhiasan dengan lainnya agar tidak saling bergesekan atau kusut, khususnya untuk kalung.

3. Khusus untuk perhiasan perak, sebaiknya simpan dalam plastik kedap udara, agar berkilau lebih lama.

4. Jangan mengenakan perhiasan saat berolah raga atau saat mengerjakan pekerjaan rumah yang kasar seperti mencuci dan berkebun.

5. Hindari kontak langsung dengan cairan pembersih cat kuku, parfum, atau hair spray.

6. Saat berenang, sebaiknya jangan memakai perhiasan karena klorin yang terkandung dalam air kolam renang dapat merusak kilaunya. Lihat Aksesoris Wanita Online dan Toko Aksesoris Wanita.

7. Bersihkan perhiasan secara berkala dengan deterjen, pembersih khusus, atau memanfaatkan layanan cuci/poles gratis di counter perhiasan atau Toko Aksesoris langganan.

8. Untuk tas, ikat pinggang, dan dompet berbahan dasar kulit, sebaiknya segera disimpan dalam kantong flanel - biasanya kantong flanel ini diperoleh secara gratis pada saat membeli di Toko Aksesoris Wanita. Khusus untuk tas, masukkan koran atau kertas terlebih dahulu untuk memberikan volume agar nantinya bentuk tas tidak penyok.

9. Bersihkan Aksesoris berbahan dasar kulit dengan leather cleaner atau minyak kayu putih yang banyak terdapat di pasaran ( Aksesoris Online).

Harga spot emas pagi naik ke US$1.105,0/ounce

JAKARTA (bisnis.com): Harga emas di pasar spot pagi ini tercatat di posisi US$1.105,0 per ounce, atau menguat dibandingkan dengan akhir pekan lalu yang berada di level US$1.089,60 per ounce.

Demikian diungkapkan oleh data Bloomberg pagi ini. Sementara itu, dari London Bloomberg melaporkan harga kontrak emas menguat teringgi dalam 1 pekan dipicu spekulasi permintaan akan naik di tengah menguatnya kekhawatiran utang di Eropa dan setelah Kapal Angkatan Laut Korsel tenggelam di dekat perbatasan dengan Korea Utara.

Mata uang euro mendaki 1,1% terhadap dolar AS. Emas yang dihargai dalam mata uang euro menyentuh rekor pada 5 Maret lalu.

Kontrak emas pengiriman Juni terangkat US$11,30 atau 1% menjadi US$1.105,40 per ounce di Comex di New York, gain tertinggi bagi satu kontrak teraktif sejak 16 Maret 2010. Harga emas tertekan 0,2% pada pekan lalu.

Emas mengalami reli 24% pada tahun lalu sementara euro menguat 2,4% terhadap dolar AS.

Di New York, kontrak perak untuk pengiriman Mei menguat 16,5 sen atau 1% menjadi US$16,906 per ounce di Comex, turun 0,7% pada pekan lalu.

Kontrak platinum untuk pengiriman Juli melemah US$11,10, atau 0,7% menjadi US$1.600,70 per ounce di New York Mercantile Exchange, meneruskan penurunan pekan lalu menjadi 0,5%.

Palladium untuk pengiriman Juni menguat US$2.70 atau 0,6% menjadi US$455,30 per ounce di Nymex, turun 2,8% pekan lalu.

Menyimpan Emas adalah Langkah yang Bijaksana

Banyak orang yang telah menaruh uang mereka menjadi emas selama sepuluh tahun terakhir sebagai sarana untuk menyimpan kekayaan telah melihat hasil yang baik atas investasi mereka, kata seorang pakar.

Kimberly Sterling, Resource Consulting Group, menyatakan kepada Orlando Sentinel bahwa orang yang berinvestasi di logam mulia satu dekade yang lalu telah melihat nilainya meningkat lebih dari 300 persen.

"Emas adalah salah satu investasi yang selalu menguntungkan pada saat ketika ada ketidakpastian dan krisis," katanya.

Ms Sterling melanjutkan dengan menambahkan bahwa defisit anggaran pemerintah, ditambah dengan melemahnya nilai mata uang global, telah menyebabkan logam kuning menjadi populer di kalangan para investor yang menjadikannya sebagai perlindungan nilai terhadap inflasi.

Amir Kiat
Logam-Mulia.blogspot.com


Jika anda ingin share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link di bawah ini! Terimakasih.
Bookmark and Share

Baca juga artikel terkait di bawah ini :
1. Pilih investasi saham atau emas?
2. Pilih investasi CPO atau emas?
3. Tips investasi emas yang unik

Awas Kemakan Email dan Situs Culas. Kenali Cirinya Sekarang!

Tulisan ini memang tidak ada hubungannya dengan isi dari blog logam-mulia tetapi saya perlu menyebarluaskan informasi ini sebagai sikap kepedulian terhadap generasi muda bangsa yang kini sedang ketagihan media internet.

Share Phishing adalah suatu bentuk penipuan di internet yang dilakukan penjahat cyber untuk mendapatkan informasi pribadi seperti... Read more

Mengalahkan Inflasi, Insya Allah Kita Bisa

Dalam Ilmu Ekonomi, yang dimaksud dengan inflasi adalah kenaikan harga-harga terhadap barang dan jasa secara umum dalam periode tertentu. Menurut para penganut Teori Monetarist, penyebab utama inflasi ini adalah supply uang. Bahkan dalam pandangan Monetarist Economist terkenal Milton Friedman “Inflation is always and everywhere a monetary phenomenon.”

Dalam sistem ekonomi barat ada yang berpendapat bahwa inflasi ini ada positifnya karena antara lain berguna untuk mendorong investasi sektor riil. Ketika inflasi tinggi orang cenderung untuk tidak mempertahan assetnya dalam bentuk uang – tetapi dalam bentuk barang, kebutuhan akan barang inilah yang mengangkat produksi dan memutar ekonomi.

Dalam Islam, produksi sektor riil tidak didorong oleh inflasi tetapi oleh putaran uang yang lebih cepat. Kekayaan bukan untuk ditimbun tetapi berputar ke masyarakat luas – berputar tidak hanya pada yang kaya tetapi juga pada yang miskin. Dalam pandangan Ibnu Taimiyyah, pemerintah yang mencetak fulus melebihi kebutuhan transaksi – dus menyebabkan inflasi – adalah pemerintah yang mendhalimi rakyatnya.

Pandangan Ibnu Taimiyyah inilah yang sebenarnya lebih pas untuk manusia modern di zaman ini sekalipun. Pemerintah-pemerintah dunia akan mampu menjaga kemakmuran rakyatnya bila mereka bisa menurunkan atau bahkan menghilangkan inflasi – kalau saja mereka mau!

Contoh betapa inflasi menyengsarakan rakyat seluruh dunia dapat Anda lihat pada grafik di samping. Grafik yang saya buat berdasarkan data yang dikeluarkan oleh International Rice Research Institute (IRRI) ini menunjukkan bahwa dalam 5 tahun terakhir saja, harga beras di dunia telah mengalami kenaikan rata-rata hampir 2 kali lipat. Padahal sangat sedikit porsi penduduk dunia yang bisa meningkatkan penghasilannya 2 kali lipat dalam periode tersebut.

Artinya, rata-rata penduduk dunia menurun tingkat kemakmurannya – karena penurunan daya beli uangnya ini. Hal ini juga bisa kita rasakan di rumah tangga kita masing-masing. Bisa saja penghasilan kita meningkat dari tahun ke tahun, tetapi kok beban hidup tidak terasa lebih ringan ya…? Bila Anda merasakan hal yang sama – sangat bisa jadi ini karena kenaikan penghasilan Anda kalah cepat dengan inflasi terhadap harga-harga kebutuhan pokok Anda.
Yang bisa mengendalikan inflasi ini adalah pemerintah khususnya otoritas moneter; rakyat seperti kita tidak bisa mengendalikan inflasi ini. Meskipun demikian, sebenarnya ada yang bisa dilakukan oleh rakyat seperti kita-kita untuk tidak menjadi korban inflasi ini. Dengan apa kita dapat melakukan ‘perlawanan’ terhadap inflasi ini?

Dengan meminimise penggunaan uang yang menjadi penyebab inflasi tersebut. Menurut para penganut paham Monetarist di atas, inflasi kan disebabkan oleh supply uang – ya jangan taruh kekayaan Anda yang kegunaannya bersifat jangka panjang dalam bentuk uang. Bila Mayoritas kekayaan Anda tersimpan dalam nominal mata uang (Rupiah, US$, dlsb), maka daya beli kekayaan Anda tersebut akan terus menurun bersamaan dengan waktu. Bila dalam 5 tahun terakhir saja harga beras internasional rata-rata naik 2 kali, berarti daya beli uang Anda terhadap beras turun tinggal separuhnya – maka bisa Anda bayangkan bila 15 tahun dari sekarang Anda pensiun misalnya – maka saat itu daya beli asset Anda bisa jadi sangat tidak memadai untuk kehidupan saat itu.

Dalam situasi inflasi yang sangat tinggi sekalipun (hyper inflasi), harga barang-barang naik relatif bersamaan – maka nilai tukar benda riil yang satu relatif stabil terhadap benda riil yang lain. Artinya bila asset Anda berupa benda riil yang tidak aus atau rusak, maka daya beli asset Anda tersebut insya Allah akan relatif stabil. Salah satu benda riil yang tidak aus/rusak, sangat likuid dan statitisk daya belinya terbukti sepanjang zaman adalah Emas atau Dinar.

Emas atau Dinar terbukti memiliki daya beli relatif stabil sepanjang lebih dari 1, 400 tahun; bukan hanya dengan 1 Dinar tetap dapat membeli 1 ekor kambing sejak zaman Nabi – sampai sekarang; untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras pun insya Allah relatif stabil. Bila data dari IRRI tersebut saya sajikan kembali dalam nilai emas; maka Anda akan bisa lihat pada grafik di samping bahwa harga beras rata-rata berfluktuasi di sekitar 0.7 oz emas/ton beras. Ada yang di kisaran 1 oz emas/ton beras, namun ada juga yang di 0.5 oz emas/ton beras.

Perbedaan harga karena jenis/kwalitas ini wajar, karena di barang apapun termasuk di kambing pun juga demikian. Kambing-kambing yang kami pelihara di Pesantren Daarul Muttaqiin untuk indukan rata-rata 2 Dinar, bahkan pejantan unggul bisa berharga di atas 10 Dinar. Tetapi secara umum di pasar 1 Dinar akan tetap dapat untuk membeli kambing yang cukup baik.

Demikian pula di beras; ada beras Jepang yang sangat mahal, tetapi dengan 0.7 Oz emas atau sekitar 5 Dinar Anda tetap dapat membeli beras 1 ton di sepanjang masa. Masih ada satu lagi, dalam 5 tahun terakhir setelah ditimbang/dinilai dengan emas-pun harga beras tidak menjadi datar – tetapi bergelombang membentuk gelombang sinus; inilah dampak dari naik turunnya harga yang fitrah karena mekanisme pasar supply and demand – bukan lagi faktor inflasi.

Karena inflasi bisa dilawan dengan pertukaran barang yang satu dengan yang lain tanpa menggunakan uang; maka inilah yang melatar belakangi bangsa-bangsa di dunia sedang berlomba menciptakan Sistem Barter Modern – seperti juga yang sedang kita kaji dalam IndoBarter Project. Tidak akan mudah memang, tetapi untuk sesuatu problem yang tidak pernah bisa diatasi oleh pemerintah-pemerintah dunia – yaitu problem inflasi; maka hal yang sulit tersebut cukup menantang untuk dicoba – Insya Allah.

Sumber : www.geraidinar.com

Mengelola Uang Berdasarkan Fungsinya

Dalam teori ekonomi, uang memiliki tiga fungsi yaitu sebagai Alat Tukar (Medium of Exchange), sebagai Penyimpan Nilai (Store of Value) dan sebagai Satuan Perhitungan/Timbangan (Unit of Account).

Ketiga fungsi ini seharusnya melekat pada uang yang kita gunakan, namun penggunaan uang kertas justru tidak dapat memenuhi ketiga fungsi tersebut sekaligus.

Uang kertas hanya berfungsi secara optimal sebagai Alat Tukar atau Medium of Exchange. Sebagai Store of Value, nilainya tergerus oleh inflasi dari waktu ke waktu. Karena nilainya yang terus menurun ini maka uang kertas juga tidak bisa secara konsisten dipakai sebagai Unit of Account.

Kalau Anda memiliki rumah yang Anda beli 10 tahun lalu senilai Rp 400 juta; tanpa renovasi sekalipun sekarang nilainya diatas Rp 1 Milyar – maka dalam mata uang Rupiah seolah anda untung 150%; benarkah Anda untung ? darimana untungnya ? lha wong rumahnya ya tetap itu-itunya. Keuntungan semu ini terjadi karena bias Unit of Account yang Anda gunakan yaitu Rupiah.

Uang Emas/Dinar atau Perak/Dirham yang sebenarnya sepanjang sejarah ribuan tahun bisa memerankan tiga fungsi uang tersebut secara sempurna.

Namun karena rezim pemerintahan dunia 85 tahun terakhir hanya menggunakan uang kertas – dan bahkan 27 tahun terakhir melalui IMF melarang penggunaan emas sebagai referensi mata uang; maka Emas/Dinar dan Perak/Dirham belum bisa kita fungsikan sebagai uang dalam pengertian Alat Tukar atau Medium of Exchange secara optimal.

Dalam hal uang, kita yang hidup di zaman ini menghadapi situasi dilematis. Uang kita yang resmi yaitu Rupiah, Dollar dlsb. dapat secara efektif kita gunakan sebagai alat tukar saat ini, namun uang kertas ini tidak dapat memerankan fungsi Store of Value dan Unit of Account. Uang kertas hanya secara efektif memerankan 1 dari tiga fungsi uang.

Di sisi lain kita juga memiliki uang Dinar dan Dirham yang sudah terbukti efektif memerankan ketiga fungsinya; namun secara legal tidak diakui sebagai Alat Tukar atau Medium of Exchange. Praktis Dinar dan Dirham baru bisa memerankan 2 dari tiga fungsi uang.

Lantas mana yang kita gunakan ?. Tergantung kebutuhan kita !.

Komposisi uang kertas dan Dinar Anda tergantung berapa banyak yang Anda butuhkan sebagai Alat Tukar dan berapa banyak pula yang dibutuhkan sebagai Store of Value.

Prinsip sederhananya seperti yang terlihat di grafik terbut diatas, semakin dekat penggunaan uang Anda – semakin besar fungsi Medium of Exchange berperan. Semakin jauh penggunaannya, semkin besar fungsi Store of Value-nya yang dibutuhkan.

Untuk jual beli saat ini, kita membutuhkan uang kertas – maka tidak dianjurkan untuk menukar uang kertas ini dengan Dinar – apabila uang tersebut akan Anda butuhkan dalam waktu dekat.

Sebaliknya untuk kebutuhan Anda jangka panjang seperti biaya masuk perguruan tinggi anak-anak, biaya pemeliharaan kesehatan hari tua, biaya pergi haji dlsb. Anda membutuhkan uang yang berfungsi efektif sebagai Store of Value – Dinar-lah jawaban praktisnya.

Sebenarnya ada jawaban lain yang lebih baik; uang Anda tidak hanya efektif sebagi Store of Value tetapi juga menjadi Growing Assets – apabila Anda dapat berinvestasi di sector riil secara baik. Dalam hal ini ‘uang’ jangka panjang Anda dapat berupa pohon jati yang terus tumbuh, anak-anak sapi yang terus membesar, ayam dan itik yang semakin banyak, kebun-kebun yang semakin menghijau dsb.dsb. Wallahu A’lam.

Sumber : www.geraidinar.com

Belajar Mengelola Dinar Dari Abdurrahman bin Auf Sahabat Rasulullah

Selain dari diri Rasulullah SAW yang terdapat contoh yang sempurna, kita juga bisa belajar dari sahabat-sahabat Beliau dalam membangun kemakmuran Islam yang kita cita-citakan ini.

Salah satu sahabat beliau yang patut kita contoh adalah Abdurrahman bin Auf yang kesuksesannya dalam berbisnis bisa menjadi tauladan bagi seluruh pengusaha muslim saat ini. Dalam hal urusan akhiratpun banyak yang bisa dicontoh dari Abdurrahman ini karena beliau termasuk salah satu dari 10 sahabat yang dijamin masuk surga.

Berikut disarikan prestasi-prestasi Abdurrrahman bin Auf:Abdurrahman bin Auf termasuk sahabat yang masuk Islam sangat awal, tercatat beliau orang ke-8 yang bersahadah 2 hari setelah Abu Bakar.
  • Beliau termasuk salah satu dari 6 orang yang ditunjuk oleh Umar bin Khattab untuk memilih khalifah sesudahnya.
  • Beliau seorang mufti yang dipercaya oleh Rasulullah SAW untuk berfatwa di Madinah padahal Rasulullah SAW masih hidup.
  • Beliau terlibat dalam perang Badar bersama Rasulullah SAW dan menewaskan musush-musuh Allah. Beliau juga terlibat dalam perang Uhud dan bahkan termasuk yang bertahan di sisi Rasulullah SAW ketika tentara kaum muslimin banyak yang meninggalkan medan peperangan. Dari peperangan ini ada 9 luka parah di tubuhnya dan 20 luka kecil yang diantaranya ada yang sedalam anak jari. Perang ini juga menyebabkan luka di kakinya sehingga Abdurahman bin Auf harus berjalan dengan pincang, dan juga merontokkan sebagian giginya sehingga beliau berbicara dengan cadel.
  • Suatu saat ketika Rasullullah SAW berpidato menyemangati kaum muslimin untuk berinfaq di jalan Allah, Abdurrahman bin Auf menyumbang separuh hartanya yang senilai 2000 Dinar atau sekitar Rp 2.8 Milyar nilai uang saat ini (saat itu beliau ‘belum kaya’ dan hartanya baru 4000 Dinar atau Rp 5.6 Milyar). Atas shadaqah ini beliau didoakan khusus oleh Rasulullah SAW yang berbunyi “Semoga Allah melimpahkan berkahNya kepadamu, terhadap harta yang kamu berikan. Dan Semoga Allah memberkati juga harta yang kamu tinggalkan untuk keluarga kamu.” Do’a ini kemudian benar-benar terbukti dengan kesuksesan demi kesuksesan Abdurrahman bin Auf berikutnya.
  • Ketika Rasullullah SAW membutuhkan dana untuk perang Tabuk yang mahal dan sulit karena medannya jauh, ditambah situasi Madinah yang lagi dilanda musim panas. Abdurrahman bin Auf memeloporinya dengan menyumbang 200 uqiyah emas sampai-sampai Umar bin Khattab berbisik kepada Rasulullah SAW “Sepertinya Abdurrahman berdosa sama keluarganya karena tidak meninggali uang belanja sedikitpun untuk keluarganya”. Mendengar ini, Rasulullah SAW bertanya pada Abdurrahman bin Auf, “Apakah kamu meninggalkan uang belanja untuk istrimu?”, “Ya!” Jawab Abdurrahman, “Mereka saya tinggali lebih banyak dan lebih baik dari yang saya sumbangkan”. “Berapa?” Tanya Rasulullah. “Sebanyak rizki, kebaikan, dan pahala yang dijanjikan Allah.” Jawabnya.
  • Setelah Rasulullah SAW wafat, Abdurrahman bin Auf bertugas menjaga kesejahteraan dan keselamatan Ummahatul Mu’minin (para istri Rasulullah SAW).
  • Abdurrahman bin Auf pernah menyumbangkan seluruh barang yang dibawa oleh kafilah perdagangannya kepada penduduk Madinah padahal seluruh kafilah ini membawa barang dagangan yang diangkut oleh 700 unta yang memenuhi jalan-jalan kota Madinah. Selain itu juga tercatat Abdurrahman bin Auf telah menyumbangkan dengan sembunyi-sembunyi atau terang-terangan antara lain 40,000 Dirham (sekitar Rp 1.4 Milyar uang sekarang), 40,000 Dinar (sekarang senilai +/- Rp 56 Milyar uang sekarang), 200 uqiyah emas, 500 ekor kuda, dan 1,500 ekor unta!
  • Beliau juga menyantuni para veteran perang Badar yang masih hidup waktu itu dengan santunan sebesar 400 Dinar/orang (sekitar Rp 560 juta) untuk veteran yang jumlahnya tidak kurang dari 100 orang.
  • Dengan begitu banyak yang diinfaqkan di jalan Allah, beliau ketika meninggal pada usia 72 tahun masih juga meninggalkan harta yang sangat banyak yaitu terdiri dari 1000 ekor unta, 100 ekor kuda, 3,000 ekor kambing dan masing-masing istri mendapatkan warisan 80.000 Dinar. Padahal warisan istri-istri ini masing-masing hanya ¼ dari 1/8 (istri mendapat bagian 1/8 karena ada anak, lalu 1/8 ini dibagi 4 karena ada 4 istri). Artinya kekayaan yang ditinggalkan Abdurrahman bin Auf saat itu berjumlah 2,560,000 Dinar atau sebesar Rp 3.584 trilyun untuk kurs uang Rupiah saat tulisan ini dibuat!
Bagaimana Abdurrahman bin Auf bisa sangat sukses berdagang dan juga dijamin masuk surga? Berikut adalah yang bisa kita tiru dari beliau:Seluruh usahanya hanya ditujukan untuk mencari ridhla Allah semata.
  • Bermodal dan berniaga barang yang halal dan menjauhkan diri dari barang yang haram bahkan yang subhat sekalipun.
  • Keuntungan hasil usaha bukan untuk dinikmati sendiri melainkan ditunaikan hak Allah, sanak keluarga dan untuk perjuangan di jalan Allah.
  • Abdurrahman bin Auf seorang pemimpin yang mengendalikan hartanya, bukan harta yang mengendalikannya.
  • Shadaqah telah menyuburkan harta Abdurrahman bin Auf, sampai-sampai ada penduduk Madinah yang berkata “Seluruh penduduk Madinah berserikat dengan Abdurrahman bin Auf pada hartanya. 1/3 dipinjamkannya pada mereka, 1/3 untuk membayari hutang-hutang mereka, dan 1/3 sisanya dibagi-bagikan kepada mereka”.
  • Keseluruhan harta Abdurahman bin Auf adalah harta yang halal, sehingga Ustman bin Affan RA yang sudah sangat kayapun bersedia menerima wasiat Abdurahman ketika membagikan 400 Dinar bagi setiap veteran perang Badar. Atas pembagian ini Utsman bin Affan berkata, “Harta Abdurahman bin Auf halal lagi bersih, dan memakan harta itu membawa selamat dan berkat”.

Jadi mengelola Dinar tidak berarti menjadi hamba Dinar. Asal kita dapat kembali ke tuntunan dan contoh langsung dari Rasulullah SAW beserta para sahabatnya. Wallahu A’lam.

Sumber: http://www.dinarislam.com/

Aritkel terkait :
Ingin inestasi yang adil? Pahami Neracanya

Soros Tambah Investasi di ETF Emas dan Borong Saham

BOSTON. Miliarder dunia dan investor kelas paus George Soros memang gemar menebar sensasi. Selama kuartal keempat 2009 silam, ia telah meningkatkan investasinya di emas menjadi menjadi dua kali lipat. Ia juga memborong hampir 95 juta saham Citigroup senilai US$ 313 juta.

Selasa (16/2) lalu, perusahaan investasi milik Soros, Soros Fund Management (SFM), melapor kepada US Securities and Exchange Commission (SEC) bahwa SFM memiliki 6,2 juta saham SPDR Gold Trust -instrumen exchange traded fund yang memiliki aset dasar logam mulia. Jumlah saham SFM di ETF emas itu naik 2,48 kali dibanding kepemilikan sahamnya pada kuartal ketiga 2009 sebanyak 2,5 juta saham. Pada akhir tahun 2009, nilai investasi SFM di ETF emas tersebut bernilai US$ 663 juta.

Soros dan investor kelas dunia lainnya, seperti John Paulson menjadikan emas sebagai alat lindung nilai terhadap inflasi dan goncangan ekonomi maupun penurunan nilai tukar dollar AS. Akhir Januari lalu, pada pertemuan World Economic Forum di Davos, Swiss, Soros mengatakan bahwa investasi di emas mengalami bubble. Namun, pada saat itu ia enggan mengaku bahwa ia memiliki investasi di logam mulia tersebut.

SFM juga melaporkan pembelian saham Citigroup yang jumlahnya hampir mencapai 95 juta saham selama kuartal keempat 2009. Pada akhir tahun lalu, nilai saham Citigroup milik Soros mencapai US$ 613 juta. Pada periode tersebut, terlihat bahwa Soros tidak lagi memiliki saham Potash Corp yang merupakan produsen bahan kimia asal Kanada. Padahal, pada kuartal ketiga 2009, porsi saham Potash menempati posisi teratas di dalam portofolio investasinya, yaitu mencapai 3 juta saham.

Dalam laporan tersebut, Soros juga terlihat memiliki saham produsen bibit Monsanto dan saham Petroleo Brasileiro SA (Petrobras) dalam jumlah yang cukup besar. Perusahaan investasi milik Soros menggenggam 3,9 juta saham Monsanto, naik 2,8 juta saham dari posisi pada kuartal ketiga 2009 sebanyak 1,1 juta saham. Kepemilikan saham SFM di Petrobras mencapai 7,7 juta saham ADR senilai US$ 369 juta. Angka tersebut naik 0,3 juta saham dari posisi kuartal ketiga 2009 sebanyak 7,4 juta saham. Soros juga menggenggam 5,9 juta saham ADR Petrobras tanpa hak suara (voting) senilai US$ 249 juta.

Guru investor dunia ini juga melaporkan kepemilikan saham di perusahaan minyak Hess Corp, perusahaan telekomunikasi AT&T, dan perusahaan otomotif Ford Motor Co. Secara keseluruhan, investasi Soros Fund Management di saham mencapai US$ 8,8 miliar pada akhir tahun 2009.

Sumber : www.kontan.co.id

Apa kata Guru Bisnis?

Purdi E Chandra - Founder Entrepreneur University & Primagama
Jurus ber-Investasi EMAS yang sangat "Otak Kanan" dan "GILA". Bagaimana mengumpulkan EMAS dengan modal yang sangat minimum dengan cara yang tidak terfikirkan sebelumnya. Lahir dari pengalaman seorang Mentor Bisnis Senior di Entrepr eneur University...


Virus baru telah lahir, Virus EMAS, Awas!! bisa membuat meriang dan tidak bisa tidur. Wajib dikuasai para peserta Entrepreneur University diseluruh Indonesia.

Menambang Emas di Tengah Kota

Jika Anda berpikir bahwa menambang emas hanya bisa dilakukan di daerah pertambangan yang otomatis terletak jauh dari kota, mungkin Anda harus melihat kembali barang-barang yang akrab dengan kehidupan Anda sehari-hari.

Beberapa perangkat elektronik semacam ponsel ternyata mengandung beberapa jenis logam yang berharga seperti emas, perak dan tembaga. Proses yang disebut urban mining atau penambangan di tengah kota ini jadi trend sejak harga logam mulai melambung tinggi.

Logam hasil 'penambangan' ini kemudian dijual ke perusahaan elektronik atau pedagang perhiasan untuk diolah lagi menjadi alat elektronik atau perhiasan baru. Perusahaan pembuat ponsel menggunakan emas sebagai bahan dasar karena emas memiliki daya hantar listrik lebih baik dari pada tembaga.

Tadahiko Sekigawa, presiden dari Eco-System Recycling Co menyampaikan pada Reuter bahwa mereka berusaha untuk mendaur ulang semaksimal mungkin baik itu logam mulia maupun logam biasa semacam tembaga.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Yokohama Metal Co Ltd, 1 ton bijih emas yang diambil dari tambang rata-rata hanya mengandung 5 gram emas saja sedangkan 1 ton ponsel bisa menghasilkan 150 gram emas. Jumlah ponsel yang sama juga menghasilkan 100kg tembaga dan 3kg perak serta beberapa jenis logam lain dalam jumlah sedikit.

Bisnis ini jadi incaran banyak orang sejak harga emas mencapai US$890 per ons setelah sempat mencapai harga setinggi US$1.030,80 bulan Maret kemarin. Harga logam lain seperti perak, tembaga dan timah juga mencapai harga yang cukup tinggi saat ini.

Di Jepang, usaha ini berperan penting mengingat Jepang harus memproduksi perangkat elektronik dalam jumlah sangat besar namun tidak memiliki sumber daya alam yang mencukupi. Akhirnya, daur ulang piranti elektronik adalah solusi yang masuk akal.

Bagi kebanyakan orang, tumpukan piranti elektronik itu hanyalah sampah belaka. Namun bagi beberapa orang yang tahu, tumpukan itu bisa jadi tambang emas bagi mereka.

Eco-System Recycling Co yang didirikan 20 tahun lalu ini mampu memproduksi sampai 300kg emas per bulan dengan kadar 99,99% seharga hampir US$9 juta. Nilai ini hampir sama dengan pendapatan sebuah tambang emas berukuran kecil. Eco-System bahkan juga mendaur ulang kabel dan tinta hitam yang ternyata mengandung perak juga.

Walaupun bisnis ini cukup diminati, ternyata para pelaku bisnis ini mengaku kesulitan untuk mendapatkan pasokan ponsel bekas. Penduduk Jepang yang berjumlah sekitar 128 juta jiwa rata-rata menggunakan ponsel mereka selama 2 tahun 8 bulan sebelum akhirnya berganti ponsel baru. Beberapa dari mereka bahkan tetap menyimpan ponsel lama mereka karena takut data-data pribadi mereka dicuri orang.

Sebagai solusi, Jepang harus mengimpor ponsel bekas dari negara-negara lain seperti Singapura dan Indonesia untuk memenuhi pasokan ponsel bekas mereka.

Sumber : kapanlagi.com

Jika Indonesia Memiliki Cadangan Emas

Setelah terjadi krisis ekonomi tahun 1998, negara-nagara di asia dengan cepat melakukan pemulihan ekonomi sehingga dengan cepat pula keluar dari krisis. Sebagai contoh kita ambil negara tetangga Malaysia yang tadinya mengambil kebijakan dari Kurs Mengambang yang selalu mengikuti pasar berganti menjadi Kurs Tetap yang tentunya tidak mengikuti pasar. Hal ini dapat dilakukan karena dilindungi oleh cadangan EMAS. Tetapi tidak demikian dengan Indonesia.... yang masih berpatokan pada Kurs Mengambang sehingga terjadi inflasi yang cukup tinggi.

Mengapa Indonesia tidak berani mengambil langkah seperti Malaysia? Mungkin karena negara kita tidak memiliki cadangan EMAS yang banyak. Walaupun bumi Indonesia memiliki kandungan EMAS yang cukup banyak, tetapi belum tentu milik kita semuanya. Tengok saja FreePort di Papua, sebagian besar kandungan Emas dikeruk dan diangkut ke Amerika. Kita hanya mendapat sebagian kecil dari hasil bumi kita sendiri. Mungkin ada orang Indonesia yang bangga bekerja di sana dengan gaji yang tinggi atau menambah pendapatan negara... tetapi itu semua tidak sebanding dengan dampak kerusakan lingkungan yang kita wariskan kepada anak cucu kita.

Mari kita giatkan menabung emas dari sekarang, jangan biarkan orang lain mengambil emas kita...

Amir Kiat

Investasi Emas Selalu Menguntungkan

KONDISI pasar keuangan yang masih tidak menentu membuat masyarakat harus pintar mengelola dana yang dimiliki. Hampir setahun terakhir, risiko investasi di sektor keuangan meningkat tajam.

Ambruknya pasar modal membuat kalangan investor kini kembali memburu komoditas. Selain minyak mentah (crude oil), komoditas yang sedang diburu investor adalah emas. Di negara yang masyarakatnya sudah maju, kondisi ini justru membuat bergairah semua jenis investasi emas, termasuk transaksi derivatifnya.

Berbeda dengan produk investasi modern seperti reksa dana, saham, dan obligasi yang baru dikenal belakangan ini, emas menjadi barang investasi dari masa ke masa. Emas bisa dijadikan bagian dari portofolio investasi para pemodal, sebagian alternatif diversifikasi investasi.

Salah satu keunggulan emas, harganya selalu bergerak mengikuti laju inflasi. Meski puluhan tahun tersimpan, emas tetap sama nilainya. Berbeda dengan menyimpan dana dalam bentuk uang tunai, nilai uang akan berkurang termakan inflasi bila disimpan dalam kurun waktu yang lama.

"Pasar masih menunggu momentum, apabila USD melemah harga emas akan meningkat. Spekulasi terhadap komoditas minyak mulai turun, dan kini investor memburu emas," ujar Country Manager World Gold Council (WGC) Indonesia Leo Hadi Loe.

Meskipun harga emas kerap berfluktuasi, dari waktu ke waktu cenderung terus mengalami peningkatan. Contohnya sepekan terakhir, harga emas sempat anjlok ke level Rp230.000 per gram, tapi dalam sepekan berhasil rebound ke posisi Rp266.000 per gram.

Dibandingkan investasi komoditas lain, emas mempunyai banyak keunggulan. Di antaranya, emas merupakan jenis investasi yang nilainya sangat stabil, likuid, dan aman secara riil, serta dapat dikelola sendiri. Dengan demikian, emas sangat layak menjadi salah satu bagian dari portofolio investasi.

Menurut Leo, investasi di komoditas ini sangat menguntungkan. Apalagi di tengah kondisi perekonomian dunia yang lesu. "Ada support level yang membuat harga emas tidak akan turun," sebutnya.

Begitu mudahnya berinvestasi emas membuat siapa pun bisa menjadi investor emas. Investasi bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, profesional, pelaku usaha, pelaku bursa ataupun perusahaan-perusahaan sebagai alternatif investasi.

Sementara Direktur Utama PT Kurnia Jaya Danial Franky mengungkapkan, membuka usaha emas cukup menguntungkan. Selain mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan biaya pembuatan perhiasan, kalangan pengusaha juga mendapatkan keuntungan dari lonjakan harga emas. "Selain itu cukup likuid. Stok yang ada bisa diuangkan apabila kekurangan dana," urainya.

Namun, yang perlu diingat bagi pemula yang hendak membuka usaha emas harus waspada terhadap peredaran emas palsu. "Banyak penipuan dari pemasok dengan modus melapisi tembaga dengan emas. Jadi seolah-olah emas murni padahal bukan," sebutnya.

Dia memaparkan, emas lapisan kabel tembaga tersebut biasanya dipasok oleh perajin emas rumah tangga. "Jelas ini merugikan pengusaha maupun konsumen," cetusnya.

Menurut dia, berinvestasi di emas batangan jauh lebih menguntungkan daripada emas perhiasan. Karena setiap membeli emas batangan tidak mendapatkan tambahan biaya apa pun. Begitu pula ketika hendak menjualnya kembali.

"Lain lagi jika berinvestasi di perhiasan akan dikenakan biaya pembuatan perhiasan yang besarnya Rp35.000- Rp50.000 per gram. Sedangkan saat kita menjualnya, biaya itu tidak dihitung alias hilang," ungkapnya.

Dia mengatakan, keuntungan lain dari berinvestasi emas batangan, investor mudah menjualnya segera kapan pun. Bahkan, investasi emas bisa digunakan sebagai jaminan di pegadaian sehingga investor tidak harus menjual emas yang dimiliki.

Dia menjelaskan, salah satu keunggulan investasi komoditas emas adalah investor tidak perlu khawatir terkena dampak inflasi. Ketika nilai tukar terus menurun, nilai emas akan tetap. Karena itu tidak salah kalau harga emas terus melonjak naik.

"Emas akan tetap memiliki nilai tinggi dan tetap akan dibeli," sebut Franky. Di Indonesia, Surabaya terkenal sebagai pusat industri dan perdagangan emas terbesar. Hampir 70 persen pasar perdagangan emas maupun pabrik-pabrik penghasil emas di Indonesia berada di Surabaya.

Pabrik emas Surabaya sudah dikategorikan world class. Hal inilah yang membuat banyak investor asing tertarik membuka pabrik emas. Sebagai pusat perhiasan emas, Surabaya sudah banyak memiliki sumber daya manusia (SDM) yang ahli di bidangnya dan kaya bahan bakunya. Selain itu, investor juga lebih mudah mencari peralatan untuk mengolah emas, sekaligus pemeliharaan dan servisnya

Sumber : www.okezone.com

Bahkan Investor Besar-pun Lari Ke Emas...

Dalam sebuah interviewnya Eric Sprott, Chairman dan pendiri Sprott Asset Management Inc. Canada mengungkapkan bahwa Amerika baru dalam tahap awal depresi yang akan mendorong harga emas naik lebih dari dua kali dari sekarang - perkiraan dia akan berada pada kisaran angka US$ 2000/ oz.

Pendapat Eric Sprott ini menjadi perhatian dunia karena selain dia mengelola dana yang besarnya US$ 4.5 Milyar; pernyataan-pernyataannya sebelumnya juga banyak yang terbukti. Beberapa bulan sebelum tragedi Lehman Brothers dan Bear Stearns & Co. misalnya, Eric sudah mengingatkan akan apa yang disebut systemic financial melt down.

Keputusan Eric Sprott yang sejak Maret tahun lalu mulai mengamankan sebagian dana yang dikelolanya ke emas juga terbukti menjadi keputusan yang benar, sejak keputusan tersebut 81 dari Fortune 500 Companies telah mengalami penurunan index sampai 62 %.

Masih dari sumber berita yang sama, sebenarnya bukan hanya Eric Sprott pengelola dana besar yang mulai mengalihkan sebagian dananya ke emas. Di New York ada Green Light Capital, Inc. yang mengelola US$ 5.1 Milyar yang juga sudah mulai membeli emas untuk mengamankan asset-nya.

Pertanyaannya adalah mengapa pengelola dana sekaliber Eric Sprott berpikir untuk mulai mengalihkan dananya ke emas ?. Menurut Eric Sprott, ada kemungkinan segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah Amerika untuk menyelamatkan ekonominya akan gagal.

Upaya terbesar dalam menyelamatkan ekonomi Amerika intinya adalah melalui penerbitan hutang baru dalam berbagai bentuknya. Masalahnya sekarang adalah siapa yang akan membeli hutang-hutang baru tersebut ? lha wong seluruh dunia sekarang juga lagi sibuk menyelamatkan ekonominya sendiri.

Sebagaimana prediksi ekonomi pada umumnya, prediksi Eric bisa benar dan bisa pula keliru. Namun kalau kita invest di emas atau Dinar sekarang - tidak akan ada ruginya - apapun yang terjadi dengan hasil prediksi Eric.

Bila ternyata harga emas melonjak lebih dari dua kalinya dari sekarang (artinya daya beli uang kertas anjlog), kita telah pula menyelamatkan asset kita. Kalau yang terjadi sebaliknya - harga emas turun - kita juga
tahu emas atau dinar tidak pernah kehilangan daya belinya. Wallahu A'lam.

Nah, tunggu apa lagi, mari berinvestasi dengan emas sebelum terlambat.

Sumber : www.geraidinar.com

Emas Cukup Untuk Seluruh Umat Manusia, Tetapi…

Diciptakannya emas dan perak oleh Allah menurut Imam Ghazali adalah agar emas dan perak ini digunakan sebagai hakim atau timbangan yang adil untuk menilai barang-barang dalam bermuamalah. Hal ini sejalan dengan banyaknya ayat-ayat al-Quran yang memerintahkan kita untuk menegakkan timbangan atau neraca yang berarti juga menegakkan keadilan.

Kalau kita diperintahkan untuk menegakkan timbangan atau bermuamalah secara adil, dan untuk ini dibutuhkan emas atau perak – maka pastilah Allah menyediakannya secara cukup di muka bumi.

Berdasarkan data dari World Gold Council (WGC), sampai akhir tahun lalu tersedia sekitar 170,000 ton emas di seluruh permukaan bumi (cadangan di dalam bumi belum dihitung). Lebih dari separuhnya untuk perhiasan (51%), sedangkan yang dipakai sebagai cadangan di bank-bank sentral seluruh dunia hanya 18 % hampir sama dengan jumlah emas untuk investasi yang sampai 17%.

stock emas

Data lain dari Gold Sheet Link menunjukkan bahwa selama sekitar 170 tahun terakhir trend ketersediaan emas di permukaan bumi meningkat sejalan dengan pertumbuhan penduduk bumi. Bahkan ketersediaan emas per kapita dunia cenderung naik dari 0.50 ounces/ kapita pertengahan abad 19 ; menjadi sekitar 0.75 ounces/kapita dasawarsa ini.

Data-data tersebut sebenarnya menunjukkan bahwa emas sangatlah cukup untuk digunakan sebagai alat bermuamalah atau uang yang adil bagi seluruh penduduk bumi kapanpun dan dimanapun. Hanya keserakahan manusia yang membuatnya seolah emas tidak pernah cukup.

Emas hanya akan cukup digunakan sebagai uang yang adil apabila kondisi masyarakatnya mematuhi aturan penggunaan emas ini secara menyeluruh. Dimana aturan ini adanya ?. Hanya syariat Islam-lah yang memiliki aturan sangat rinci mengenai penggunaan emas ini; coba perhatikan contoh-contoh berikut :

1. Kaum lelaki dalam Islam dilarang menggunakan perhiasan emas; dari grafik diatas menujukkan bahwa emas yang digunakan sebagai perhiasan saat ini sudah 51 % dari seluruh emas yang ada. Pelarangan laki-laki menggunakan emas sebagi perhiasan akan berdampak berkurangnya proporsi emas perhiasan, dan menyisakan lebih banyak emas untuk uang.

2. Pelarangan emas digunakan untuk tempat makan minum, juga akan membuat emas lebih banyak tersedia sebagai uang.

3. Larangan disertai ancaman yang sangat berat adalah menimbun emas dan perak. Karena kalau emas ditimbun, maka berapapun adanya di permukaan bumi tidak akan pernah cukup.

4. Larangan terberat adalah Riba – sampai sampai Allah dan Rasulnya mendeklarasikan perang terhadap pelakunya. Iming-iming riba akan menghilangkan emas yang digunakan sebagai alat muamalah yang adil yang dibutuhkan masyarakat.

5. Perintah agar harta selalu berputar (Al Hasyr :7) adalah kuncinya; kalau emas ini bisa benar-benar berputar (karena tidak ditimbun dan tidak juga di-riba-kan) -maka jumlah tidaklah menjadi masyalah. Sedikit yang berputar akan cukup, sebaliknya sebanyak apapun yang ditimbun atau di-riba-kan tidak akan pernah cukup.

Inilah mengapa rezim emas paska Kekhalifahan seperti Bretton Woods gagal dan akan selalu gagal karena hanya menggunakan emas sebagai standar tidak akan pernah cukup memenuhi keserakahan manusia.

Emas hanya cukup apabila syariat yang mengaturnya ditegakkan; dan hanya Islam yang memiliki syariat ini. Jadi sesungguhnya hanya Islam yang memiliki solusi komprehensif untuk mengatasi gunjang-ganjingnya keuangan dunia saat ini.

Ini pekerjaan besar sekali dan bisa jadi akan memakan waktu yang panjang – diluar batas usia kita; namun pekerjaan ini harus dimulai. Mulai dari diri kita, dengan apa yang kita bisa. Wallahu A’lam.

Written by Muhaimin Iqbal
Sumber : geraidinar.com

Tips Merawat Perhiasan Agar Tetap Berkilau

Perhiasan yang sering dikenakan seseorang biasanya identik dengan derajat dirinya di mata orang lain. Untuk memelihara kilau perhiasan tetap indah, simak dulu tips berikut ini:
Dari dulu hingga sekarang, perhiasan tetap menjadi barang yang berharga. Tak hanya perempuan, laki-laki juga kerap menggunakan sebagai salah satu aksesoris pakaian. Perhiasan terdiri dari berbagai jenis. Harganya pun cukup beragam tergantung dari besar karat yang terkandung di dalamnya. Agar perhiasan Anda tetap awet, ikuti tips perawatannya berikut ini.

1. Emas
Perhiasan yang terbuat dari emas adalah bahan yang sering digunakan. Selain nilai jualnya cukup tinggi, emas yang diolah sebagai pelengkap aksesoris juga banyak diminati. Tak sedikit orang menjadikan emas sebagai barang investasi. Semakin besar kadar karatnya, harga emas semakin tinggi. Untuk merawat keindahan emas, jangan gunakan emas yang berbeda karatnya secara berdekatan. Misalnya cincin, usahakan menggunakan cincin yang berat karatnya sama. Hal ini untuk menghindari lunturnya emas dari karat yang lebih besar. Bungkus emas dengan kain halus dan tertutup saat Anda menyimpannya. Hal ini untuk menghindari terjadinya goresan di permukaan emas. Jika emas Anda kotor, campurkan deterjen lunak, air hangat dan beberapa tetes cairan amoniak. Kemudian bersihkan emas dengan cairan tersebut dengan menggunakan sikat berbulu lunak. Hindari emas dari debu, minyak, dan kosmetik.

2. Perak
Selain emas, perak juga banyak digemari. Perak termasuk jenis perhiasan yang mudah terlihat kusam. Untuk lebih amannya, lebih baik Anda menyimpan perhiasan perak di kotak yang kedap udara. Gunakan pasta gigi atau cairan khusus pembersih perak untuk menghilangkan kesan kusam pada perak. Lakukan pembersihan setiap 1 sampai 2 minggu sekali.

3. Mutiara
Gunakan larutan sabun dan air hangat untuk membersihkan perhiasan yang terbuat dari mutiara. Simpanlah mutiara dalam kotak khusus untuk menghindari goresan. Jangan letakkan mutiara satu tempat dengan bebatuan dan metal.

4. Berlian
Produk-produk kimia dan kosmetik sangat dianjurkan untuk tidak bersentuhan dengan berlian. Hal itulah yang kemungkinan besar membuat perhiasan berlian Anda kehilangan kilaunya. Bersihkan perhiasan berlian dengan menggunakan air hangat, sabun yang lembut dan sikat halus untuk mengangkat kotoran yang ada.

Dalam pemakaian, gunakan perhiasan setelah anda memakai make up baik pada wajah dan rambut termasuk juga parfum dan hair spray. Usai bepergian, sebaiknya simpan perhiasan di tempat khusus yang beralaskan bahan lembut. Saat penyimpanan, pisahkan perhiasan satu sama lain karena gesekan bisa menimbulkan gores.

Hindari menggunakan perhiasan sepanjang waktu terutama saat berenang karena kandungan khlorin pada air kolam dapat memburamkan kilau emas. Selain itu, jangan gunakan perhiasan saat melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci dan memasak.

Agar selalu berkilau, perhiasan juga harus dibersihkan secara berkala dari keringat, debu dan kotoran lain yang melekat. Caranya, siapkan air hangat yang sudah ditetesi cairan pencuci piring dalam mangkok. Sikat perhiaan dengan sikat gigi berbulu lembut sampai debu terbuang. Setelah bersih, keringkan dengan kain lembut dengan cara ditekan-tekan.

Masalah umum perhiasan emas dan perak disebabkan oleh:

  • Emas dan perak jadi kusam. Keringat anda mungkin agak mengandung garam sehingga perak terutama cepat sekali menjadi kusam dan bahkan hitam. Solusinya nggak ada selain sering-sering melakukan perawatan perhiasan perak. Sedangkan emas agak sulit menjadi kusam namun lama-lama akan kusam juga.
  • Cepat menjadi kusam atau hitam. Disebabkan oleh campuran yang kurang sempurna waktu pembuatan ini biasanya perhiasan yang dikerjakan tangan atau 'hand made' susah untuk dirawat karena pasti akan cepat hitam lagi.
  • Kusam atau hitam padahal nggak dipakai. Biasanya disimpan dalam waktu lama di lemari kayu. Pernis dan finishing kayu yang kurang sempurna bisa membuat cepat kusam dan hitam ini karena perak menjadi oksidasi oleh bahan-bahan finishing kayu.
  • Kusam juga bisa disebabkan karena mandi di laut, air yang mengandung garam atau belerang. Perak dan emas sering oksidasi dengan garam dan belerang.
  • Kusam dan hitam juga bisa karena penyimpanan di dalam tas atau sesuatu yang terbuat dari kulit. Pekerjaan kulit asli biasanya menggunakan bahan-bahan yang berhubungan dengan belerang atau amoniac. Atau mungkin juga perak anda menggunakan kalung kulit. Tidak semua kulit menyebabkan hitam kalau pekerjaan kulitnya itu dikerjakan dengan benar. Jadi kulit patut dicurigai sebagai penyebab barang emas atau perak jadi hitam.
  • Emas berubah warna menjadi terlalu merah. Ini karena bahan campuran tembaga yang sudah muncul keluar permukaan. Ini hukum alam bahwa yang ringan selalu di atas. Sebabnya karena campuran kadar bisa tidak benar. Tetapi kalau dari awal sudah kemerahan ini adalah warna yang disebut rose gold.
  • Merah yang muncul tidak merata. Ini masalah yang disebut mendung atau fire skill. Ini terjadi karena waktu proses pengerjaan ada patrian di daerah merah yang muncul. Ini campuran patri yang salah satunya adalah tembaga yang muncul ke permukaan.

Cara merawat yang salah:

  • Sering terlihat orang menggodok emas atau perak. Cara ini sebenarnya bagi yang sudah tahu. Karena ada jenis permata yang tidak kuat dengan suhu panas yang menyebabkan warna permata malah pudar. Tidak lagi cling.
  • Menggodok menggunakan panci aluminium bisa menyebabkan pewarna hitam atau disebut oxid yang biasanya sengaja dipakai malah hilang. Tetapi kalau memang mau menghilangkan obat hitam ini bisa ditambahkan sedikit garam maka pewarna hitam pada perak akan hilang. Reaksi garam dan aluminium yang mengikat oxidasi.
  • Menggodok menggunakan asam jangan kalau ada permata. Asam adalah bahan yang abrassive yang bisa menyebabkan lapisan kilap permata menjadi buram. Terutama terjadi pada permata soft seperti Amber. Juga bisa menyebabkan inclusion (semacam partikel yang berada dalam satu permata mungkin menjadi berubah warna). Biasanya kalau imitasi ia akan cepat berubah warna.
Cara-cara ini sangat umum. Jangan gunakan untuk emas putih dan berlian. Juga untuk emas sepuhan karena sepuhan bisa hilang. Lebih baik tanyakan cara membersihkan perhiasan anda ke tempat anda membeli agar lebih aman.

(Berbagai sumber)

'Kaki Emas' untuk Ronaldinho

Milan - Penampilan Ronaldinho untuk AC Milan sejauh ini masih tergolong biasa-biasa saja, tetapi bukan berarti dirinya nihil penghargaan pribadi. Dinho baru saja mendapatkan Golden Foot Award.

Golden Foot Award merupakan pernghargaan untuk para pemain yang berumur 29 tahun ke atas. Dinho kini di usia tersebut. Kriteria untuk mendapatkan 'Kaki Emas' ini pun tak berdasarkan penampilan semusim si pemain, layaknya Pemain Terbaik Dunia atau Eropa.

Untuk mendapatkan pernghargaan ini penilaian dilakukan berdasarkan karier keseluruhan si pemain. Dinho dianggap memiliki karier cemerlang sebagai pesepakbola dan pernah menjadi ikon bagi Barcelona. Secara individual ia juga pernah menjadi Pemain Terbaik Dunia 2004 dan 2005.

Pemilihan ini sendiri dilakukan berdasarkan voting. Setiap pemilih diperbolehkan memilih dari 10 pemain yang tertera dalam daftar yang diberikan juri. Tahun ini, bintang asal Brasil ini bertanding dengan sembilan nama lainnya yang juga tergolong senior di dunia sepak bola.

Sembilan nama lainnya itu adalah Gianluigi Buffon, Luis Figo, Seteven Gerrard, Ryan Giggs, Thierry Henry, Raul Gonzalez, Francesco Totti, David Beckham dan David Trezeguet. Beckham adalah langganan di sini. Ia selalu masuk nominasi sejak tahun 2003.

Dinho pun telah menerima seremoni penghargaan ini di Monte Carlo, Monako, Selasa (13/10/2009) malam waktu setempat, dari Pangeran Albert II, demikian diberitakan situs resmi Milan. Ia pun telah meninggalkan jejak kakinya di "The Champions Prominade", sebuah walk of fame yang juga dulu dilakukan pemenang-pemenang sebelumnya.

Dua tahun lalu, penghargaan ini juga dimenangi oleh pemain Brasil lainnya, yakni Roberto Carlos.


Para Pemenang Golden Foot Award

2003: Roberto Baggio
2004: Pavel Nedved
2005: Andriy Shevchenko
2006: Ronaldo
2007: Alessandro Del Piero
2008: Roberto Carlos
2009: Ronaldinho ( roz / krs )

The Golden Foot award adalah penghargaan berstandar internasional di bidang Sepak bola, yang diberikan kepada pemain yang mempunyai prestasi di bidang ini (baik sebagai individual maupun tim), untuk kepribadian, dan penghargan dari masyarakat dan pakar sepak bola. Penghargaan diberikan hanya untuk pemain yang berumur di atas 29 tahun.

Sumber : detiksport
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Belajar Bisnis di Internet

Klub Bisnis Internet Berorientasi Action
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Emas Logam Mulia |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.