Emas, logam yang dimuliakan

Emas sebagai logam mulia telah dikenal dalam sejarah peradaban manusia sejak 4000 SM. Emas digunakan sebagai aksesoris,  dan fashion bahkan digunakan sebagai perlengkapan pemakaman para raja.  Di Mesir emas dipakai sebagai bahan untuk membuat peti mati Raja Tutankhamon dengan berat kira-kira 1.250 kg.

Dalam sejarah kita kenal ada 3 hal yang menjadi tujuan penjajahan bangsa Eropa di Asia dan Afrika. Dan salah satu hal dari 3 hal tersebut adalah EMAS. Hal ini sesuai dengan pernyataan Raja Ferdinand dari Spanyol pada tahun 1511 yang mengatakan, "Bawa pulanglah emas, kalau bisa dapatkan semanusiawi mungkin, tetapi apa pun resikonya bawalah emas!".

Penambangan emas telah dilakukan sejak lama. Diperkirakan penambangan emas telah ada sejak 2000 sampai 5000 SM. Suryadi, seorang peneliti pada Opleiding Talen en Culturen van Indonesie, menduga tambang emas Salida di Sumatra merupakan tambang emas tertua di Indonesia. Sebelum Belanda datang di Indonesia, penambangan telah dilakukan secara tradisional oleh penduduk setempat.

Metode penambangan dilakukan seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Mulai dari cara tradisional yaitu dengan memanfaatkan gaya gravitasi bumi, amalgamasi air raksa hingga metode sianida, fiotasi dan heap leaching.

Pertambangan emas terbesar di dunia saat ini berada di Afrika Selatan. Kendati demikian cadangan emas terbesar justru bukan Afrika Selatan melainkan Amerika Serikat. Hal ini disebabkan karena emas berfungsi sebagai cadangan devisa, alat moneter dan media investasi.

Negara yang paling banyak "mengkonsumsi" emas adalah India. Masyarakat India banyak memanfaatkan emas sebagai perhiasan, bukan sebagai mata uang atau alat investasi. Pada saat musim kawin tiba dalam budaya India, biasanya harga emas melonjak tajam yaitu pada bulan September.

Amir Kiat

Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link di bawah ini! Terimakasih
Bookmark and Share

Baca juga artikel terkait di bawah ini :
1. Grafik konsumsi emas dunia
2. Investasi emas, kemilau sepanjang jaman
3. Keuntungan berkebun emas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Emas Logam Mulia |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.