Gadai Emas di Pegadaian Meningkat 10 Persen Jelang Puasa

Menjelang Ramadan, aktivitas masyarakat di pegadaian dan koperasi meningkat 10 persen dibandingkan hari-hari biasa. Hal ini disebabkan meningkatkan kebutuhan masyarakat saat memasuki bulan puasa.

"Kalau saat ini peningkatannya masih 10 persen. Nanti 15 hari sebelum lebaran, peningkatan nasabah maupun jumlah transaksi bisa dua kali lipat," kata Puryoto, Kepala Kantor Pegadaian Wilayah Makassar kepada Tempo.

Dia mengatakan, transaksi yang terbanyak adalah gadai emas dan akan mencapai puncaknya 15 sebelum hari puasa maupun hari raya. Dengan pengalaman itu, Kantor Wilayah Pegadaian Makassar menyiapkan dana Rp 600 miliar memasuki bulan Ramadan ini. Persediaan dana ini meningkat Rp 100 miliar dibanding tahun lalu.

"Ini terutama kami siapkan untuk transaksi gadai emas yang paling banyak diminati masyarakat," kata dia. "Berapapun transaksi yang terjadi, kami berusaha menyanggupi."

Selain jelang Ramadan, ucapnya, biasanya transaksi gadai emas meningkat menjelang tahun ajaran baru sekolah, dan hari raya natal. "Di hari-hari seperti itu, biasanya pertumbuhan nasabah juga naik 10 persen," katanya.

Dikatakan, transaksi jasa gadai emas mendominasi mencapai 98 persen, selebihnya merupakan gadai barang elektronik maupun kendaraan bermotor.  Saat ini, harga gadai emas 23 karat di kantor pegadaian mencapai Rp 340 ribu per gram.

"Kami perkirakan, dengan jumlah cabang yang ada di Sulawesi Selatan yang mencapai 250, ada sekitar Rp 20 miliar transaksi yang terjadi dalam sehari," ujarnya.

Permintaan pinjaman juga meningkat di koperasi menjelang Ramadan. Ketua Dewan Koperasi Sulawesi Selatan, Hamid Basma mengatakan, pinjaman dana dan kebutuhan jelang puasa meningkat 50 persen dibanding bulan lainnya.

"Kami yakin bisa menyiapkan kebutuhan masyarakat baik berupa dana maupun bahan pokok," ucapnya.
Sumber : Tempointeraktif.com

Bookmark and Share
Baca artikel terkait lainnya :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Emas Logam Mulia |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.