Tips berinvestasi bagi investor pemula

Mengelola keuangan secara cermat sudah menjadi keharusan. Tak hanya menyimpan uang di bank, investasi untuk memenuhi rencana masa depan  Anda perlu dilakukan sejak awal.

Jika Anda mulai tertarik untuk berinvestasi, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, agar tidak salah dalam melangkah dan tidak mudah tertipu.

Pertama, menyusun portofolio dari investor. Dalam hal ini Anda harus bisa mangatur keuangan Anda dengan cara memilah-milah berapa persen dana yang akan diinvestasikan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang.

Manager Mutual Fund Sales Schroder Investment Management Indonesia, Yudhi Rangkuti, mengatakan, pemilihan portofolio ini penting untuk menetapkan instrumen yang dapat memberikan keuntungan optimal.

"Untuk jangka pendek, Anda bisa memilih deposito. Namun, dalam jangka panjang, ada beberapa pilihan  diantaranya saham dan emas. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kekuatan dana yang tersedia. Sebaiknya Anda juga dapat memahami seperti apa proses investasi itu berjalan dan resiko-resiko apa yang akan terjadi. Hal ini dilakukan agar anda tidak menyesal di kemudian hari. Pilihan dengan resiko kecil mungkin hal yang bijak tetapi hasilnya pun sangat kecil. Sebaliknya pilihan resiko besar dengan hasil yang besar sangat menggiurkan.

Kedua, Anda harus cermat memilih institusi atau siapa yang mengelola dana. Anda harus teliti memilih, seperti bank mana yang kredibel dan siapa manajer investasi (MI) untuk produk reksa dana. Anda juga bisa mengecek bagaimana rekam jejak (track record) MI dalam mengelola investasi. Sementara untuk investasi emas, sebaiknya pilih emas batangan bersertifikat dari PT. Antam. Kenapa pilih emas batangan? Karena investasi emas tidak harus dengan dana yang sangat besar seperti bermain saham, prosesnya sangat mudah dan dapat dilakukan oleh semua kalangan. Namun emas tidak cocok untuk jangka pendek.

Ketiga, pelajari dengan baik berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Ingat selalu prinsip investasi, high risk high return. Jika Anda menginginkan keuntungan yang besar, Anda juga harus bersiap menerima semua resikonya.

Konsultan manajemen sekaligus motivator ternama, Tung Desem Waringin, berpendapat bahwa emas merupakan investasi teraman dan paling menguntungkan. "Sejak 2002 saya sudah bilang emas itu investasi paling menguntungkan," katanya.

Selamat Berinvestasi!
Amir Kiat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Emas Logam Mulia |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.