Menghadapi Krisis dengan Investasi Emas

Opini Menghadapi Krisis dengan Investasi Emas Oleh Mohamad Ihsan Palaloi Konsultan Investasi Emas Sudah ada kesepakatan bahwa emas adalah Logam mulia yang dipersepsikan bernilai di seluruh dunia. Nilainya tidak berubah dari dahulu hingga sekarang. Emas mempunyai berbagai aspek yang menyentuh kebutuhan manusia. 
 
Emas juga mempunyai manfaat emosional untuk dinikmati keindahannya. Nilai keindahannya berpadu dengan harganya yang menarik sehingga jadilah emas sebagai sarana untuk mengekspresikan diri, dan emas telah menjadi simbol status di berbagai sub kultur masyarakat Indonesia. 
 
Nilai keindahannya ini sudah tersurat dalam Q.S Ali Imran ayat 14 “Dijadikan indah pada pandangan manusia, kecintaan kepada apa-apa yang diingini yaitu wanita-wanita, anak-anak, emas, perak, kuda pilihan, binatang ternak dan sawah dan ladang”. Jelas sudah bahwa Emas ternyata diurutkan pada urutan ketiga , setelah investasi istri sholehah dan investasi anak sholeh/sholehah. Dan buah pemikiran dari ekonom syariah yang juga pemikir islam Ibnu Khaldun telah berpesan tentang emas ini dalam Muqaddimah : “ Allah menciptakan dua logam yaitu emas dan perak sebagai ukuran nilai bagi semua akumulasi modal.

Emas dan perak adalah sesuatu yang dianggap oleh penduduk bumi sebagai kekayaan dan harta berdasarkan preferensi mereka. Walaupun dalam kondisi tertentu terdapat hal-hal lain juga yang dicari, tetap tujuan akhirnya adalah hanya mendapatkan emas dan perak. Dan semua Komoditi tergantung pada fluktuasi pasar, sedangkan emas dan perak dikecualikan dari fluktuasi pasar. Keduanya merupakan basis bagi keuntungan, kekayaan dan perbendaharaan.
 
Pesan emas didalam Al Quran dan buah pemikiran Ibnu Khaldun ini telah terbukti saat ini dengan ditandai oleh pergerakan harga emas yang semakin bersinar. Berikut harga emas dari tahun 2000 hingga sekarang : Tahun Harga Emas (dalam $/troy Ounce) 31 Desember 2000 $274.45 31 Desember 2001 31 Desember 2002 31 Desember 2003 31 Desember 2004 31 Desember 2005 31 Desember 2006 31 Desember 2007 29 Pebruari 2008 17 Maret 2008 $276.50 $347.20 $416.25 $435.60 $513.00 $632.00 $833.75 $ 971.50 $1,033.00 Emas dilihat oleh seluruh dunia sebagai standar nilai dan tidak mengherankan semua bermuara ke harga emas. 
 
Harga Minyak Naik maka berdampak ke harga emas. Pelemahan Hard Currency berdampak ke harga emas. Krisis Pangan berdampak ke harga emas. Kenaikan Pendapatan per kapita suatu negara berdampak ke harga emas. Ketegangan geopolitik berdampak ke harga emas. Lebih dari itu saat ini Informasi krisis dibalik dunia sana sudah sangat cepat diberitakan dan semakin cepat pula informasi tersebut memengaruhi harga emas dibalik dunia lainnya. 
 
Harga Emas yang tidak pernah tidak tidur menandakan bahwa kita perlu mencari produk ini sebagai alternatif investasi khususnya sekarang dalam menghadapi krisis global. Emas merupakan salah satu early warning system (system peringatan dini) dari setiap kejadian termasuk krisis ini. Dari harga emas ini terlihat arah investasi yang berhembus dan sekarang banyak pelaku usaha menjadikan harga emas ini sebagai suatu alat pengambil keputusan dalam berinvestasi. 
 
Emas sebagai salah satu produk yang tua dan sudah tidak perlu dibantahkan lagi karena sudah teruji ribuan tahun dan telah diaplikasikan oleh pelaku usaha dalam setiap zaman. Untuk itu kiranya kita perlu mengkonversi produk-produk yang kurang tahan krisis kepada produk-produk yang tahan krisis salah satunya adalah investasi emas. Investasi emas adalah investasi/simpanan dalam bentuk emas perhiasan, koin emas, emas batangan atau emas pisik dalam bentuk lainnya dengan tujuan menjaga nilai asset dari penyakit ekonomi yaitu inflasi dan deflasi. Investasi emas ini jelas sesuai dengan konsep-konsep Investasi syariah. 
 
Menurut teori investasi syariah terdapat 2 hal investasi secara garis besar yaitu : Investasi yang dikelola sendiri dan investasi yang dikelola/bergantung pihak ketiga. Investasi emas merupakan salah satu investasi yang dikelola sendiri dan tidak bergantung kepada kinerja pihak ketiga. Investor emas membeli sendiri, menyimpan sendiri, mengelola sendiri dan menjual hasil investasi emasnya untuk membeli faktor produk dengan tangannya sendiri. Dalam investasi emas bukanlah mencari capital gain / keuntungan secara mata uang . 
 
Mempersepsikan Capital Gain dalam mata uang saat krisis sekarang ini bukanlah sesuatu yang ideal. Justru capital gain dalam bentuk emaslah riilnya capital gain. Contoh saat membeli faktor produksi equivalent 1 kg emas logam mulia dan saat menjual faktor produksi tersebut equivalent 1,5 kg emas Logam Mulia, maka riil capital gain adalah 0,5 kg emas logam mulia. Untuk itu penulis menyarankan agar mulailah investasi emas dari mulai yang terkecil (1gram emas Logam Mulia) dan mulai saat ini berinvestasi emas. Setelah itu lakukan penyimpanan dengan diniatkan investasi emas itu sebagai alat untuk beribadah atau diniatkan untuk membeli faktor produksi. Emas sebagai faktor produksi yang disimpan itu bukanlah sesuatu yang idle/sesuatu yang menganggur, justru investasi emas itu bisa dioptimalkan dengan transaksi Rahn/Gadai antar sesama muslim atau dengan menggunakan institusi seperti Pegadaian Syariah. Jika sudah saatnya melepas investasi emas pastikan investasi emas untuk ibadah atau untuk membeli faktor produksi dan hasil dari faktor produksi tersebut idealnya sisihkan kembali dalam investasi emas. Dan ingatlah bahwa ibadah adalah sesuatu yang sangat strategis , yang akan menjadikan manfaat ke seluruh mahluk. Semoga Investasi Emas kita menjadi sarana untuk beribadah dan terhindar dari kejahatan krisis. Amin

Sumber : Republika.com
 
Baca juga artikel terkait :


 

1 komentar:

Goldman mengatakan...

COD Pamp Suisse Lady Fortuna 10 gram, harga semasa RM 1320.

Untuk harga emas jongkong dan lain-lain yang hebat sila hubungi kami di goldman999.9@hotmail.com.

Harga lagi murah daripada Habib, Poh Kong dan dealer2 lain. Bekalan antarabangsa.

Rebat tunai segera RM 1,000 hingga RM 1, 500.

Harga belian semula yang hebat.

Terima kasih.

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Emas Logam Mulia |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.