Tips Merawat Perhiasan Agar Tetap Berkilau

Perhiasan yang sering dikenakan seseorang biasanya identik dengan derajat dirinya di mata orang lain. Untuk memelihara kilau perhiasan tetap indah, simak dulu tips berikut ini:
Dari dulu hingga sekarang, perhiasan tetap menjadi barang yang berharga. Tak hanya perempuan, laki-laki juga kerap menggunakan sebagai salah satu aksesoris pakaian. Perhiasan terdiri dari berbagai jenis. Harganya pun cukup beragam tergantung dari besar karat yang terkandung di dalamnya. Agar perhiasan Anda tetap awet, ikuti tips perawatannya berikut ini.

1. Emas
Perhiasan yang terbuat dari emas adalah bahan yang sering digunakan. Selain nilai jualnya cukup tinggi, emas yang diolah sebagai pelengkap aksesoris juga banyak diminati. Tak sedikit orang menjadikan emas sebagai barang investasi. Semakin besar kadar karatnya, harga emas semakin tinggi. Untuk merawat keindahan emas, jangan gunakan emas yang berbeda karatnya secara berdekatan. Misalnya cincin, usahakan menggunakan cincin yang berat karatnya sama. Hal ini untuk menghindari lunturnya emas dari karat yang lebih besar. Bungkus emas dengan kain halus dan tertutup saat Anda menyimpannya. Hal ini untuk menghindari terjadinya goresan di permukaan emas. Jika emas Anda kotor, campurkan deterjen lunak, air hangat dan beberapa tetes cairan amoniak. Kemudian bersihkan emas dengan cairan tersebut dengan menggunakan sikat berbulu lunak. Hindari emas dari debu, minyak, dan kosmetik.

2. Perak
Selain emas, perak juga banyak digemari. Perak termasuk jenis perhiasan yang mudah terlihat kusam. Untuk lebih amannya, lebih baik Anda menyimpan perhiasan perak di kotak yang kedap udara. Gunakan pasta gigi atau cairan khusus pembersih perak untuk menghilangkan kesan kusam pada perak. Lakukan pembersihan setiap 1 sampai 2 minggu sekali.

3. Mutiara
Gunakan larutan sabun dan air hangat untuk membersihkan perhiasan yang terbuat dari mutiara. Simpanlah mutiara dalam kotak khusus untuk menghindari goresan. Jangan letakkan mutiara satu tempat dengan bebatuan dan metal.

4. Berlian
Produk-produk kimia dan kosmetik sangat dianjurkan untuk tidak bersentuhan dengan berlian. Hal itulah yang kemungkinan besar membuat perhiasan berlian Anda kehilangan kilaunya. Bersihkan perhiasan berlian dengan menggunakan air hangat, sabun yang lembut dan sikat halus untuk mengangkat kotoran yang ada.

Dalam pemakaian, gunakan perhiasan setelah anda memakai make up baik pada wajah dan rambut termasuk juga parfum dan hair spray. Usai bepergian, sebaiknya simpan perhiasan di tempat khusus yang beralaskan bahan lembut. Saat penyimpanan, pisahkan perhiasan satu sama lain karena gesekan bisa menimbulkan gores.

Hindari menggunakan perhiasan sepanjang waktu terutama saat berenang karena kandungan khlorin pada air kolam dapat memburamkan kilau emas. Selain itu, jangan gunakan perhiasan saat melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci dan memasak.

Agar selalu berkilau, perhiasan juga harus dibersihkan secara berkala dari keringat, debu dan kotoran lain yang melekat. Caranya, siapkan air hangat yang sudah ditetesi cairan pencuci piring dalam mangkok. Sikat perhiaan dengan sikat gigi berbulu lembut sampai debu terbuang. Setelah bersih, keringkan dengan kain lembut dengan cara ditekan-tekan.

Masalah umum perhiasan emas dan perak disebabkan oleh:

  • Emas dan perak jadi kusam. Keringat anda mungkin agak mengandung garam sehingga perak terutama cepat sekali menjadi kusam dan bahkan hitam. Solusinya nggak ada selain sering-sering melakukan perawatan perhiasan perak. Sedangkan emas agak sulit menjadi kusam namun lama-lama akan kusam juga.
  • Cepat menjadi kusam atau hitam. Disebabkan oleh campuran yang kurang sempurna waktu pembuatan ini biasanya perhiasan yang dikerjakan tangan atau 'hand made' susah untuk dirawat karena pasti akan cepat hitam lagi.
  • Kusam atau hitam padahal nggak dipakai. Biasanya disimpan dalam waktu lama di lemari kayu. Pernis dan finishing kayu yang kurang sempurna bisa membuat cepat kusam dan hitam ini karena perak menjadi oksidasi oleh bahan-bahan finishing kayu.
  • Kusam juga bisa disebabkan karena mandi di laut, air yang mengandung garam atau belerang. Perak dan emas sering oksidasi dengan garam dan belerang.
  • Kusam dan hitam juga bisa karena penyimpanan di dalam tas atau sesuatu yang terbuat dari kulit. Pekerjaan kulit asli biasanya menggunakan bahan-bahan yang berhubungan dengan belerang atau amoniac. Atau mungkin juga perak anda menggunakan kalung kulit. Tidak semua kulit menyebabkan hitam kalau pekerjaan kulitnya itu dikerjakan dengan benar. Jadi kulit patut dicurigai sebagai penyebab barang emas atau perak jadi hitam.
  • Emas berubah warna menjadi terlalu merah. Ini karena bahan campuran tembaga yang sudah muncul keluar permukaan. Ini hukum alam bahwa yang ringan selalu di atas. Sebabnya karena campuran kadar bisa tidak benar. Tetapi kalau dari awal sudah kemerahan ini adalah warna yang disebut rose gold.
  • Merah yang muncul tidak merata. Ini masalah yang disebut mendung atau fire skill. Ini terjadi karena waktu proses pengerjaan ada patrian di daerah merah yang muncul. Ini campuran patri yang salah satunya adalah tembaga yang muncul ke permukaan.

Cara merawat yang salah:

  • Sering terlihat orang menggodok emas atau perak. Cara ini sebenarnya bagi yang sudah tahu. Karena ada jenis permata yang tidak kuat dengan suhu panas yang menyebabkan warna permata malah pudar. Tidak lagi cling.
  • Menggodok menggunakan panci aluminium bisa menyebabkan pewarna hitam atau disebut oxid yang biasanya sengaja dipakai malah hilang. Tetapi kalau memang mau menghilangkan obat hitam ini bisa ditambahkan sedikit garam maka pewarna hitam pada perak akan hilang. Reaksi garam dan aluminium yang mengikat oxidasi.
  • Menggodok menggunakan asam jangan kalau ada permata. Asam adalah bahan yang abrassive yang bisa menyebabkan lapisan kilap permata menjadi buram. Terutama terjadi pada permata soft seperti Amber. Juga bisa menyebabkan inclusion (semacam partikel yang berada dalam satu permata mungkin menjadi berubah warna). Biasanya kalau imitasi ia akan cepat berubah warna.
Cara-cara ini sangat umum. Jangan gunakan untuk emas putih dan berlian. Juga untuk emas sepuhan karena sepuhan bisa hilang. Lebih baik tanyakan cara membersihkan perhiasan anda ke tempat anda membeli agar lebih aman.

(Berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Emas Logam Mulia |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.