PILIH PLATINUM APA EMAS YA,..??

Loh pertanyaan apa tu? Pastinya banyak yang mempertanyakan pertanyaan ini,...

Langsung aja, tentang pertanyaan tersebut, bukan mau mengarah pada pemilihan cincin nikah ya,..tapi ya sedikit banyak kalian semua akan tahu, sifat dari masing-
masing logam yang sebenarnya masih saudara tersebut, platinum dan emas. Satu hal lagi dengan artikel ini kalian akan tahu mengapa platinum lebih mahalll,,,,dan pemasarannya belum segencar emas,..let’s kita lihat,...mana???,.

PLATINUM,
Sudah tahu belum siapa yang menemukan platinum?? Platinum ditemukan untuk pertama kalinya oleh Antonio de Ulloa pada tahun 1735, di Amerika Selatan. Wah,..jauh banget ya,..
Nama platinum sendiri berasal dari bahasa spanyol, yaitu platina yang berarti “little silver“.
Platinum selalu ditemukan bersama-sama logam lainnya, seperti iridium, osmium, palladium dan rhodium.
Logam-logam ini, di dalam tabel Elemen, termasuk dalam golongan Platinum Group metals (PGMs). Emas dan perak pun termasuk dalam golongan ini.
Jadi platinum bukan hanya nama salah satu logam golongan ini tetapi juga nama untuk golongan logam mulia Ru, Rh, Pd, Ag, Os, Ir, Pt, Au. Loh..loh emas juga termasuk to kang??
Platina adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Pt dan nomor atom 78. Sebuah logam transisi yang berat, "malleable", "ductile", berharga, berwarna putih-keabuan. Platinum tahan karat dan terdapat dalam beberapa bijih nikel dan copper. Platinum digunakan dalam perhiasan, peralatan laboratorium, gigi, dan peralatan kontrol emisi mobil.

Di antara logam golongan PGMs, Platinum memiliki kepadatan nomor tiga setelah Iridium dan Osmium. Kira-kira 12% lebih padat dibanding emas untuk per 1g/cm3. Logam golongan ini merupakan golongan logam terlangka yang bisa ditemukan di lapisan bumi . Ya kan, semakin langka, semakin susah untuk dicari,..semakin susah dicari, semakin mahal harga jualnya,..makanya ayo kita cari saja,..wa.. Sekitar 2-10 ton bijih besi diperlukan untuk mendapatkan 1 ounce Platinum murni.

Lah terus untuk apa si platinum atau yang disebut-sebut platina ini?
Saat ini, hampir 50% penggunaan Platinum adalah untuk pembuatan perhiasan. 20% untuk kepentingan industri. Afrika selatan merupakan penghasil platinum terbesar di dunia. Sekitar ¾ platinum dunia berasal dari negeri Nelson Mandela ini. Russia adalah penghasil nomor dua diikuti oleh Amerika.

EMAS
Emas merupakan elemen kimia dengan nomor atom 79 yang memiliki symbol Au, berasal dari bahasa latin yang artinya bersinar terang. Emas murni berwarna kuning mengkilat, sering disebut fine gold. Emas murni lebih lembut dibanding perak namun lebih keras dari timah. Ini bisa kita lihat pada tabel 1, dimana nilai tingkat kekerasan (Vickers hardness) emas merupakan yang terkecil diantara logam golongan PGMs. Untuk alasan inilah, jarang sekali ditemukan emas murni yang dijadikan sebagai perhiasan. Alasannya simple, it’s just too soft.
Tahu nggak apa nyang namanye Vickers hardness?? itu adalah salah satu metode yang digunakan untuk men-test tingkat kekerasan suatu bahan. Test ini lebih banyak dipakai karena mudah untuk dilakukan...gitcu loh,..
Penambahan logam-logam lain ke dalam emas murni bertujuan untuk meningkatkan tingkat kekerasan emas. Logam yang dipilih tentunya yang tidak akan mengubah kilau emas secara dramatis dan tentunya tidak membuat emas menjadi rapuh. Sebagai contoh, jika emas murni dicampur dengan logam indium, warna emas berubah menjadi ke-ungu-an dan mengubah sifat kekerasan bahan emas layaknya gelas. Sedikit tekanan, maka emas akan pecah layaknya sebuah gelas.
Berikut perbandingan sifat Pt dan Au



Tidak disitu saja ,. Persaingan platinum dan emas semakin ketat, dalam urusan hias-menghias ya, eh maksudnya perhiasan,...mereka tetap bersaing, si emas tak kalah pinter dia berubah wujud,,..jreng..jreng menjadi ’emas putih’,...
Emas putih merupakan campuran logam emas dan logam putih seperti perak, nikel, paladium, dan platinum yang mengubah warna emas menjadi putih,..wah curang ya,. Emas,,,poin + untuk platinum ini,..
Komposisi emas putih bervariasi tergantung logam apa yng digunakan sebagai campuran Dan berapa persen perbandingan komposisinya. Karenanya emas putih dapat digunakan untuk tujuan khusus contoh logam campuran yang menggunakan nikel akan keras dan kuat dan dapat digunakan untuk membuat cincin. Nah, balik lagi ke cincin,?ape deh,..


Alloy putih yang menggunakan paladium lebih lunak, elastis dan dapat digunakan untuk meletakkan batu permata. Tahu tidak alloy itu apa? Tenang bang, alloy adalah kombinasi dua unsur logam atau lebih. Wa sudah ada kemajuan...ho..ho.. Emas putih tidak selalu bersinar putih, dia berwarna seperti baja keabu-abuan yang diolah sehingga menjadi nampak putih bersinar. Perlakuan tersebut menggunakan sebuah electroplate rhodium. Rhodium menjadikan emas putih nampak putih namun lapisan tersebut dapat dan perlu diganti setahun sekali,..wah..wah ribet dunk,..
www.communitykompas.com

Dan Bahan bacaan:
1. Prentice Hall Lab Manual Introductory Chemistry (4th Edition), karangan C. H. Corwin. Buka bab tentang Electroplating
2. http://www.bookrags.com/research/platinum-woc/
3. http://www.webelements.com
Mohon ma’af kalau ada nyang salah,.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Emas Logam Mulia |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.